Minggu, 07 Oktober 2012

Pengalaman Mengembangkan Sistem Informasi: Program Kalkulator Sederhana


Saya akan menceritakan pengalaman Mengembangkan Sistem Informasi dalam bentuk program Kalkulator Sederhana. Kalkulator sendiri sudah sering kita jumpai dimana-mana. Entah dalam bentuk fisik atau dalam bentuk aplikasi komputer dan handphone.

Kalkulator sederhana ini memiliki fungsi yang sederhana, terdiri dari beberapa operasi dalam matematika seperti Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pengurangan. Karena ini pengalaman pertama saya membuat program kalkulator jadi saya hanya mampu membuat untuk 4 operasi ini saja. Program yang saya buat ini, menggunakan bahasa pemrograman Java. Karena program ini dapat memberikan informasi, maka program ini memiliki karakteristik dari Sistem Informasi.

Berikut adalah Karakteristiknya :

  • Komponen 

Komponen atau elemen - elemen yang ada dalam program ini adalah kelas, method, dan input yang nantinya akan di jalankan dengan rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang kita masukkan ke dalam program yang kita buat.

  • Batasan

Karena program ini sifatnya sederhana, maka kalkulator ini hanya bisa memproses Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian.  

  • Lingkungan

Karena kalkulator adalah alat hitung yang bisa dipakai oleh semua orang, maka siapapun yang kesulitan dalam menghitung dalam waktu cepat, bisa menggunakan program ini.

  • Keterkaitan 

Sintaks - sintaks yang ada dalam program ini saling terkait satu dengan lainnya, karenanya bisa menghasilkan penghitungan.

  • Input

Input dari program ini juga sederhana, anda hanya perlu memasukkan angka dan operator hitungnya untuk selanjutnya diproses hingga mengeluarkan hasil perhitungan yang anda kehendaki.

  • Proses

Dalam program ini, pemrosesannya terletak pada penghitungan yang dilakukan oleh program ini (pada bagian rumus).

  • Output

Hasil dari pemrosesannya berupa angka yang telah dihitung oleh program.

  • Tujuan

Tujuan dari program yang saya buat ini adalah agar mempermudah siapapun dalam menghitung cepat.

Demikian pengalaman saya dalam usaha mengembangkan sistem informasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar