Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang konsep dari interactive entertainment dimana konsep ini akan membuat suatu hasil atau produksi yang bernilai hiburan yang dapat di rasakan oleh pengguna secara langsung. Di dalan Konsep interactive entertainment ini , biasanya terdapat kombinasi teks , gambar, suara, serta efek animasi dan video yang di buat untuk mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi
Interactive programing
Interactive programming merupakan prosedur penulisan sisi dari suatu program saat telah aktif. ini fokus pada teks program sebagai antarmuka utama untuk sistem yang jalan, bukan hanya sesuatu aplikasi interaktif, dimana program ini dirancang dalam fase pengembangan serta untuk dipakai sesudahnya. Dalam hal ini peranan pengguna dalam pengembangan program sangatlah penting karena pengguna sebagai konsumen yang menikmati dari produk yang di buat, biasaya sebelum pembuatan program seorang progamer harus mengerti akan kebutuhan pasar yang di dasari atas permintaan. Bila seorang seorang programmer telah mengetahui kebutuhan konsumen , langkah selanjutnya adalah bagaimana caranya agar Komunikasi antara user dan program akan terwujud ? yaitu dengan cara menentukan dan merancang GUI.
GUI ( Graphical User Interface )
GUI merupakan fasilitas komunikasi antara user (pengguna) dengan system/aplikasi pada computer, GUI adalah perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimana menggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakan sebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface). Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik. Hal ini termasuk untuk GUI sistem pengenal suara,GUI ini diperlukan agar orang awam mudah dalam mempelajari dan menggunakan sistem tersebut. Untuk lebih kenal dekat dengan GUI, anda dapat perhatikan pada komputer masing-masing yang mana telah dibalut oleh GUI. Contoh saja Sistem Operasi Windows anda atau pun Linux, memiliki tampilan yang disesuaikan dengan cara penggunaan sistem. Berikut ini salah satu sreenshoot dari Sistem Operasi Windows 7 yang juga dibangun dari komponen GUI.
Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
(5). Pembuatan website
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
Komponen-Komponen dari GUI
- Containers : merupakan wadah yang berfungsi untuk menempatkan komponen-komponen lain di dalamnya.
- Canvas.: merupakan komponen GUI yang berfungsi untuk menampilkan gambar atau untuk membuat program grafis. Dengan canvas, kita bisa menggambar berbagai bentuk seperti lingkaran, segitiga, dll.
- User Interface (UI) components : contohnya adalah buttons, list, simple popup menus, check boxes, text fields, dan elemen lain.
- Komponen pembentuk window : seperti frames, menu bars, windows, dan dialog boxes.
Label :
Combo Box :
List :
Radio Button :
Text Area :
Text Field :
Berikut ini adalah contoh – contoh layout pada GUI :
Border Layout merupakan default manager untuk ContentPane. Layout ini menempatkan komponen dengan pendekatan arah mata angin. Komponen-komponen pada layout ini ditempatkan pada posisi north, south, west, center, east.
Flow Layout
FlowLayout adalah layout yang menyusun komponen dari kiri ke kanan, selanjutnya ke baris berikutnya. Jika ukuran windows diperbesar ukuran komponen pada FlowLayout tidak berubah.
Box Layout
Card Layout
Event adalah peristiwa atau kejadian yang dibangkitkan atau distimulasi oleh pengguna terhadap GUI. Untuk mendeteksi dan menangani apa yang dilakukan oleh pengguna terhadap GUI, diperlukan suatu mekanisme yang disebut Event Handling.
macam event untuk komponen GUI :
- Event Source
Komponen GUI yang membuat event atau tempat terjadinya event.yaitu berupa komponen-komponen visual, seperti : button, combo box, text field.
- Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user. Bagian-bagian pentingnya yaitu event source dan event listener / Handler.
- Event Object
Ketika sebuah event terjadi (ketika user berinteraksi dengan komponen GUI) sebuah object event diciptakan. Object berisi semua informasi yang perlu tentang event yang telah terjadi. Informasi meliputi tipe dari event yang telah terjadi, seperti ketika mouse telah di-klik. Ada beberapa class event untuk kategori yang berbeda dari user action. Sebuah event object mempunyai tipe data mengenai salah satu dari class ini. Objek yang terbentuk saat terjadi event yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti: tekan button, ketik di text field, dll.
- Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
- Event Handler
Event Handler berupa blok method dari listener yang menentukan proses selanjutnya setelah komponen mendapatkan event. Misalkan pada event tombol simpan ditekan, event listener akan menangkap event pada Event Source tombol Simpan, kemudian Event Handler akan menyimpan data yang akan didefenisikan pada blok Event Handler.
Sumber :
http://inf.uajy.ac.id/~sigit/2006/06/13/graphical-user-interface-gui-dari-masa-ke-masa/
http://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_programming
http://ittelkom.ac.id/staf/mhd/MateriKuliah/Software%20Project%20I/Referensi/e-Book/GUI.pdf
http://inf.uajy.ac.id/~sigit/2006/06/13/graphical-user-interface-gui-dari-masa-ke-masa/
http://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_programming
http://ittelkom.ac.id/staf/mhd/MateriKuliah/Software%20Project%20I/Referensi/e-Book/GUI.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar